About

test

Wednesday, March 28, 2018

Dosa besar Dalam Kristen

Dosa besar Dalam Kristen



Dalam kehidupan manusia, pasti setiap harinya manusia melakukan dosa, baik dosa besar maupun dosa kecil, Tidak ada seorang pun yang tidak pernah melakukan dosa dalam kehidupannya sehari-hari, Termasuk para pembuka agama. Mau itu pendeta, pastor, ustad, biksu,dll.

Tapi kali ini saya akan membahas tentang "Dosa besar dalam Kristen" mau itu disengaja atau tidak sengaja. Sebetulnya smua dosa yang diperbuat manusia bisa diampunioleh Yesus Kristus sang anak Allah, Dan smua itu dusah tertulis di dalam Alkitab. Jadi mari langsung saja kita membahasnya

1. Dosa menghujat Roh Kudus

Kategori ini sengaja saya masukan didalam urutan nomor 1, karna dosa ini sangat tegas ditulis didalam Alkitab dalam injil Matius 12:32 dikatakan “Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datangpun tidak.” 

Pernyataan yang sama juga ditulis dalam injil Lukas 12:10 "Setiap orang yang mengatakan sesuatu yang melawan anak Manusia, ia akan diampuni; tetapi barang siapa yang menghujat Roh Kudus, ia tidak akan diampuni"

Jadi dosa yang satu ini termasuk dosa yang sangat berat.


2. Dosa Murtad

Dosa ini merupakan dosa kedua yang berat yang dicatat dalam Alkitab. Apa itu dosa murtad? dosa murtad artinya apabila seseorang dulunya sudah pernah sungguh-sungguh bertobat dan percaya kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan juru selamatnya secara pribadi, tetapi akhirnya dia mulai meragukan imannya itu, hingga akhirnya menyangkal imannya.

Dosa ini juga di bahas di PB (Perjanjian Baru) disebut di dalam kitab:
  • 1 Korintus 15:2, orang yang menyangkal iman di istilahkan sebagai orang yang “telah sia-sia menjadi percaya.”
  • Ibrani 6:4-6, orang yang menyangkal iman diistilahkan sebagai orang yang “menyalibkan lagi Anak Allah.”
  • Ibrani 10:38, orang yang menyangkal iman diistilahkan sebagai orang yang “mengundurkan diri.”
3, Dosa menyangkal anak Manusia

Apa maksud dari dosa menyangkal anak manusia? Dosa ini disebut dalam injil Matius 10:32-33, “Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Aku juga akan mengakuinya di depan Bapa-Ku yang di sorga. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, Aku juga akan menyangkalnya di depan Bapa-Ku yang di sorga.”

Jadi barang siapa yang menyangkal Yesus Kristus di hadapan Allah Bapa, Yesus juga akan menyangkal kita di hadapan Allah Bapa. 


4. Dosa Pembunuhan

Dosa ini juga termasuk ke dalam salah satu dosa terberat didalam Kristen. Dosa ini juga disebutkan Roh Kudus di dalam 10 hukum taurat Yesus. Dosa ini juga disebutkan dalam injil 1 Timotius 1:12-16.
Tetapi Dosa ini masih bisa diampuni oleh Yesus Kristus.


5. Perzinahan

Dosa ini juga termasuk didalam salah satu dosa terberat dimuka bumi ini. Bahkan didalam masa perjanjian lama hukuman bagi dosa ini adalah hukuman rajam. Apa itu hukuman rajam? hukuman rajam adalah hukuman dimana seseorang yang melakukan perzinahan akan dilempari batu sampai  secara bersama-sama. Dosa ini disebut dalam injil (Imamat 20:10 & Ulangan 22:22-24).


Itulah beberapa dosa besar dalam Kristen yang saya ketahui. Sesungguhnya smua dosa tersebut bisa diampuni oleh Yesus Kristus karna Tuhan kita maha pengampun dan pemurah. Asalkan kita Tobat dengan sungguh-sungguh dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi dan meminta ampun sebesar-besarnya kepada Yesus Kristus.

No comments:

Post a Comment